Selasa, 26 Maret 2013

Instalasi Cacti Paling Mudah dengan Distro Ubuntu

Cacti merupakan salah satu tool populer yang digunakan secara luas untuk mendukung network management yang efektif dan efisien. Tidak hanya mampu memonitor besarnya traffic atau lalu lintas data dalam jaringan, namun juga memiliki kemampuan untuk mengambil data-data penting lainnya melalui SNMP, antara lain CPU dan memory usage.




Sulitkah implementasinya? Hmm, mudah kok. Bahkan untuk yang baru mengenal sitem operasi Linux sekalipun, normalnya tidak akan  mengalami kesulitan berarti. Apalagi distro Linux yang digunakan kali ini merupakan distro paling populer dan terkenal paling mudah pengoperasiannya.
Dalam tutorial kali ini, saya menggunakan Ubuntu 10.04 LTS alias Lucid Lynx. Untuk implementasinya, silakan menggunakan Ubuntu versi berapa saja, normalnya semua proses instalasi akan sama kok :)
Langkah pertama, pastikan mesin atau komputer yang digunakan sudah terinstall Ubuntu Server dan dilengkapi Apache, MySQL, dan PHP. Instalasi LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) silakan ikuti petunjuk langkah demi langkah di link berikut.
Jika LAMP sudah terinstal sebelumnya, mulailah dengan menginstal paket sbb:

sudo apt-get install php5
sudo apt-get install php5-gd
sudo apt-get install php5-mysql



Kemudian dilanjutkan dengan install package cacti-spine

sudo apt-get install cacti-spine

Selama proses instalasi, beberapa kali akan muncul popup dengan beberapa pertanyaan dan konfirmasi, antara lain sebagai berikut :

1. Warning atau peringatan mengenai konfigurasi adodb --> Tekan Enter / OK
2. Pertanyaan mengenai web server yang digunakan --> Dalam kasus ini pilih Apache2
3. Persetujuan mengenai konfigurasi database --> Pilih OK / Yes
4. Permintaan untuk memasukkan root password MySQL yang diset ketika instalasi LAMP sebelumnya
5. Permintaan untuk memasukkan password user cacti, dilakukan 2 kali untuk verifikasi


Selesai, kini aplikasi cacti sudah terinstall dengan manis di server, tinggal mengaktifkannya melalui browser.

1. Arahkan browser ke IP / URL server cacti yang baru saja diinstall, misalnya http://10.10.10.10/cacti
2. Akan keluar semacam wizard yang akan menuntun pengguna. Ini tinggal klik Next - Next - Finish saja. Perlu diperhatikan jika pada langkah ketiga (sebelum klik Finish) ada kotak yang ditandai dengan tulisan warna merah, berarti cacti tidak terinstall dengan sempurna, sehingga instalasi harus diulangi.
3. Setelah klik finish, akan muncul halaman login. Masukkan username dan password admin cacti. Karena ini merupakan pertama kalinya user admin login melalui web browser, maka aplikasi akan meminta user atau pengguna untuk mengganti passwordnya demi alasan keamanan.
4. Jika berhasil login, cek konfigurasi cacti agar sesuai dengan kebutuhan kita. Masuk ke CONSOLE - SETTINGS - PATHS lalu pastikan tidak ada tulisan ERROR satu pun.
5. Masuk ke tab POLLER di CONSOLE - SETTINGS, lalu ganti pilihan POLLER TYPE dari defaultnya cmd.php menjadi spine.
6. Jangan lupa untuk klik SAVE CHANGES setiap selesai melakukan perubahan setting.
Kini aplikasi cacti di server sudah bisa digunakan sepenuhnya.
SELESAI. Mudah kan :)


0 komentar: